Cara Masak Nasi

SiMaXs - Cara Masak Nasi - Inilah Cara Memasak Nasi Yang Benar - Beginilah Cara Memasak Nasi - Bagaimana Cara Masak Nasi







Masak Nasi




Nasi merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia yang mengandung karbohidrat tinggi. Walaupun saat ini mulai banyak masyarakat yang beralih ke sumber karbohidrat lain dengan alasan pertimbangan kesehatan, namun nasi tetap menjadi pilihan utama makanan pokok masyarakat Indonesia.



Di pasaran banyak dijual berbagai macam beras. Secara umum beras dibedakan antara beras pulen, sedang, dan pera. Hasil masakan dari beras pulen adalah empuk , agak lengket, dan gurih. Sebaliknya nasi pera rasanya lebih hambar dan keras.



Terkadang kita sering dibuat jegkel dengan nasi yang kita masak karena cepat basi dan cepat menguning walaupun kita sudah menggunakan beras jenis pulen sekalipun.
Berikut ini akan dijelaskan beberap tips dan cara memasak beras agar menghasilkan nasi yang pulen, enak, tidak cepat basi dan tidak cepat menguning :
  • Masukkan 2-3 lembar daun pandan saat akan memasak nasi

  • Perciki tempat memasak nasi dengan sedikit air jeruk nipis.

  • Gunakan air secukupnya saat memasak nasi.

  • Khusus untuk beras pera, saat memasak gunakan air sekitar 2-2,5 kali air yang dibutuhkan untuk memasak beras pulen.

  • Campurkan bubuk agar-agar warna putih ke dalam beras pera dengan perbandingan 1 liter beras membutuhkan 1/2 bungkus agar-agar putih sehingga hasilnya bisa lebih pulen.

  • Saat membeli beras, diusahakan membeli jenis beras yang memang sudah kita kenal jadi kita bisa tahu berapa air yang digunakan untuk memasak.

  • Pilihlah beras yang masih baru saat kita membeli beras. Ciri beras yang amsih baru adalah warnanya putih bersih, baunya harum, dan bentuknya panjang. Tidak banyak yang patah.

  • Bila kita menggunakan magic com untuk memasak nasi, kita bisa langsung mencabut kabel colokan saat nasi sudah matang, kita buka tutup magic com dan tunggu sampai uapnya habis baru kemudian kita tutup dengan serbet bersih. Cara ini bisa megurangi resiko nasi cepat menguning, berair dan cepat basi.

     

Saat ini banyak masyarakat yang lebih memilih untuk mengkonsumsi beras merah karena beras merah mempunyai kandungan serat dan gizi yang jauh lebih tinggi bila dibanding dengan beras putih. Namun adakalanya kita malas menyantap beras merah atau bahkan memasak beras merah karena rasa dari beras merah yang pera. Walaupun sebenarnya dengan penanganan dan cara memasak yang benar kita juga bisa menikmati beras merah yang tidak kalah pulen dengan beras putih.
Berikut ini adalah cara memasak beras merah supaya hasinya pulen :
Masak Nasi


Bahan:
  • 300 gr beras merah, rendam 1 jam, tiriskan

  • 100 gr beras putih

  • 650 ml air

  • 1 lembar daun salam

  • 1 lembar daun pandan

Cara Memasak :
  1. Masukkan semua bahan ke dalam rice cooker/magic com, kemudian masak seperti biasa hingga matang

  2. Apabila memasak menggunakan panci, maka masukkan semua bahan ke dalam panci, masak dengan api sedang sambil sesekali diaduk hingga air meresap ke dalam nasi. Matikan api dan biarkan hingga aronan nasi benar-benar menyerap air. Baru kemudian dikukus selama 30 menit sampai nasi benar-benar matang. Biasanya hasil nasi yang dimasak dengan cara di aron lebih enak bila dibanding dengan nasi yang dimasak menggunakan rice cooker / magic com.



Video Cara Memasak Nasi Goreng

Dalam Video ini akan menunjukkan cara membuat nasi goreng yang mudah dan praktis ala anak kost
(indahf/Carapedia)



Pencarian Terbaru (100)
Cara memasak nasi. Cara memasak beras merah. Memasak nasi. Cara menanak nasi. Cara masak nasi. Cara membuat nasi putih. Cara memasak nasi putih.
Cara masak beras merah. Cara memasak beras merah dengan rice cooker. Memasak beras merah. Nasi pulen. Cara memasak beras merah yang benar. Cara memasak agar agar. Tips memasak nasi.
Resep nasi putih. Memasak nasi putih. Menanak nasi. Beras pulen. Cara memasak beras. Cara memasak nasi pulen. Cara menanak nasi dengan rice cooker.
Cara membuat nasi. Masak nasi. Cara memasak nasi dengan rice cooker. Cara memasak nasi dengan magic com. Resep nasi pulen. Cara membuat nasi pulen. Cara masak nasi merah.
Cara memasak nasi menggunakan rice cooker. Cara memasak nasi merah. Menanak nasi yang enak. Cara menanak nasi dengan magic com. Memasak nasi dengan agar agar. Cara menggunakan magic com. Resep beras merah.
Cara menggunakan rice cooker. Cara mengolah beras merah. Tips memasak. Cara memasak nasi yang benar. Tips memasak beras merah. Cara menanak nasi yang benar. Resep makanan pokok.
Tips menanak nasi. Beras merah pulen. Cara menanak beras merah. Resep menanak nasi. Resep memasak nasi. Nasi agar agar. Resep memasak nasi putih.
Cara memasak nasi agar pulen. Cara masak beras merah dengan rice cooker. Cara masak nasi dengan rice cooker. Masak beras merah. Pulen. Membuat nasi pulen. Menanak nasi dengan rice cooker.
Cara memasak nasi yang enak. Cara memasak nasi di magic com. Cara masak nasi pulen. Cara masak nasi putih. Mengolah beras merah. Cara menanak nasi merah. Cara masak beras.
Cara masak nasi rice cooker. Beras pera. Resep masakan beras merah. Memasak beras merah dengan rice cooker. Cara memasak nasi tdk bau dengan majig jar. Cara menanak nasi yang enak. Cara menanak nasi putih.
Cara menanak nasi pulen. Resep masak nasi. Masak nasi putih. Agar nasi pulen. Cara memasak nasi di rice cooker. Proses memasak nasi. Cara memasak beras merah menggunakan rice cooker.
Cara memasak nasi menggunakan magic com. Resep makanan pokok indonesia. Perbandingan beras dan air. Tips nasi pulen. Tips memasak nasi merah. Tips masak nasi. Cara masak nasi menggunakan rice cooker.
Makanan pokok. Resep nasi merah. Nasi. Resep nasi beras merah. Cara masak nasi yang enak. Nasi pera. Masakan dari beras merah.
Resep masakan nasi. Perbandingan air dan beras. Cara masak nasi beras merah. Cara menanak nasi menggunakan rice cooker. Resep nasi agar agar. Cara memasak nasi beras merah. Sumber karbohidrat.
Resep masakan indonesia. Beras merah.



@



Comments
0 Comments
Cara Masak Nasi | Artikel Unik