Tips Sehat Selama Puasa

SiMaXs - Tips Tetap Sehat saat Puasa | Marhabban ya Ramadhan, begitu kata orang saat hari ini sudah puasa. Seperti yang anda ketahui, berpuasa artinya kita menahan Nafsu makan, tentu badan lemas dan tidak bugar. Tentu salah, karena dengan saya berikan tips ini mudah-mudahan selalu sehat dan bugar walaupun Puasa.


1. Menu Sahur dan Berbuka
Paling penting adalah bagaimana kita membuka ( sahur ) dan menutup ( berbuka ) puasa itu tetap kenyang dan sehat. Salah satu caranya adalah dengan makan sayuran dan buah di saat kita punya kesempatan makan. Tentu  kurangi minum-minuman bersoda. Cukup minum berkafein hanya 2 kali sehari saja, agar metabolisme tetap terjaga.





2. Langkah Sahur

Langkah yang harus anda lakukan pada Sahur. Setelah bangun biasakan meminum sedikit teh agar anda tetap terjaga, karena kalau kamu tidur sehabis Sahur pasti akan lapar dan haus lagi. Teh juga bisa memperlancar aliran darah dan bisa membuat kita nafsu makan lagi.
Selain Teh, kita juga harus makan kabohidrat yang kompleks. Contoh kecilnya adalah Beras, kentang, dan gandum. Gandum bisa kita dapatkan dari Roti Tawar, dan bisa kreasi anda sendiri. Mengapa karbohidrat ? Karena karbohidrat berguna buat awet tidak lapar.
Jangan lupa juga Serat. Karena serat baik untuk memperlambat glukosa darah.  Pada sahur, usahakan minum 8 gelas. Atau kurang juga boleh, asalkan 4 gelas Air Mineral lebih, baik untuk kita tidak haus dalam jangka panjang.





3. Langkah di Siang Hari

Penting bagi kita di Hari Puasa untuk melakukan aktifitas di Siang Hari. Langkahnya jika anda mengantuk, luangkan waktu buat tidur siang sebentar. Tapi jangan terlalu lama tidur. Karena kita harus melakukan aktifitas seperti biasanya.




DI saat puasa metabolisme menurun, dan tentu jika bermalas-malas kita akan lemas. Lakukan hal positif, jangan terlalu maniak untuk Puasa. Dan hal penting di Siang hari, jangan terkena Sinar Matahari yang terik di kepala, akan membuat Dehidrasi.




4. Langkah Berbuka

Badan dapat Tegap dan Kuat kembali jika kita mengonsumsi Glukosa tinggi. Jangan langsung ke santapan utama, usahakan makan manisan terlebih dahulu. Setelah beberapa menit supaya pencernaan dapat beradaptasi selama beberapa jam.
Hindari makanan Fast Food. Karena mengandung kolesterol, garam yang tinggi. Berbuka di tujukan buat Nutrisi yang seimbang, bukan buat merusak tubuh anda. 





Memang Puasa ada banyak cobaan, tetapi kita sendirilah yang harus menyeimbangkannya. Semoga bermanfaat.


@



Comments
0 Comments
Tips Sehat Selama Puasa | Artikel Unik