Penyebab Sakit Perut

SiMaXs - Penyebab Kita bisa Sakit Perut | Apakah anda pernah merasakan sakit perut ? Pasti pernahkan, tapi beberapa dari anda tidak tahu mengapa sakit di perut anda, saya punya beberapa Penyebab Sakit Perut. Seperti dibawah ini. 












Sakit perut adalah hal yang sangat menyakitkan, nah bagaimana cara mengetahui penyebab anda sakit perut ? 




1. Batu empedu

Batu ini terbentuk di dalam kantong empedu, kemudian batu itu mengalami pembengkakan, dan akan terasa sekali di dalam perut anda, rasa sakit itu terjadi karena batu empedu itu menyumbat saluran usus. Cara terbaiknya adalah kurangi tingkat makan berlemak.




2. Pankreatitis

Rasa sakit akan muncul pada perut atas, terjadi karena peradangan pada pankreas. Biasanya orang mengurangi rasa sakit dengan bersandar dan telentang untuk menghindari mual, muntah dan lainnya.




3. GERD

Nyeri berasal dari atas perut. Dan bagian bawah dada, atau lebih spesifik ada di daerah ulu hati. Kondisi memburuk jika mengonsumsi makanan berlemak.




4. Intoleransi laktosa

Terjadi karena tubuh tak mampu menerima laktosa. Efeknya adalah sakit perut ringan, kembung dan diare.




5. Efek samping obat


Pembengkakan dan rasa sakit pada esophagus disebabkan oleh bifosfonat oral yang berfungsi untuk mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang. Sedangkan NSAID atau obat nyeri seperti aspirin dan ibuprofen dapat menimbulkan pembengkakan yang terjadi di lapisan lambung.






6. Radang usus (diverticulitis)


Terjadinya peradangan ini biasanya di kantong yang telah dibentuk di lapisan usus, biasanya pada usus besar. Gejala yang muncul, terjadinya kram pada bagian perut bawah dan untuk mengatasinya dapat elakukan diet tinggi.





7. Endometriosis


Keadaan ini terjadi ketika sel-sel dinding Rahim tumbuh tidak pada tempatnya. Gejalanya ditandai dengan munculnya rasa nyeri, infertilitas dan perdarahan yang terjadi tidak teratur. Sulit untuk mendiagnosis endometriosis dan kerapkali memerlukan rujukan dari dokter kandungan serta







8. Radang usus buntu


Radang ini sering menyerang anak-anak dan orang dewasa muda, kemunculannya diawali dengan rasa sakit pada daerah perut tengah, kemudian berkembang pada bagian sebelah kanan bawah perut. Kondisi ini harus secepatnya dihilangkan karena dapat pecah dan dan dapat mengancam jiwa.





9. Luka di lambung


Yang menjadi penyebab utama dari sakit perut adalah adanya bisul atau luka di lambung atau duodenum. Rasa nyeri biasanya muncul di daerah perut bagian tengah atas dan terkadang kejadiannya muncul setelah selesai makan. Luka pada duodenum dapat terbangun ketika malam hari sebagai akibat dari rasa sakit.





10. Stres


Stres yang terjadi dapat menimbulkan beberapa efek, diantaranya sakit kepala, tekanan darah tinggi, masalah perut dan insomnia. Disamping itu, depresi telah dikaitkan dengan masalah pencernaan dan sindrom dari iritasi usus besar. Depresi dapat menimbulkan sakit perut konstan.





11. Keracunan makanan


Virus dan bakteri adalah penyebab yang paling umum dari keracunan makanan, kondisi ini akan menimbulkan sakit perut dengan disertai muntah dan diare. Terkadang pada beberapa kasus, dijumpai keracunan makanan dapat menyebabkan kondisi yang fatal dan serius.





@



Comments
0 Comments
Penyebab Sakit Perut | Artikel Unik